8.27.2011

Indahnya visualisasi data dalam presentasi

Dunia akademisi dan profesional, presentasi, terutama saat ini dalam format digital, tentunya materi dan tampilan presentasi sangat-sangat penting. Pengalaman saya menyaksikan beratus-ratus materi presentasi, hanya sedikit yang menurut saya sedap dipandang mata. Bagi sebagian orang mungkin ini bukan masalah, namun bagi saya ini masalah besar. Orang akan tertarik membaca atau mendengarkan presentasi jika disajikan dengan indah.  Bahkan beberapa perusahaan memiliki "default template" untuk digunakan sebagai tampilan presentasi mereka. Kenapa penting? untuk keseragaman tentunya. Lebih jauh lagi, dengan tampilan grafis yang diracik dengan ciamik pasti membantu pembaca atau audiens anda untuk lebih mudah, dan tentunya, lebih santai dalam memahami.

Origin of Diseases by Hasiem Hussein

Bayangkan jika anda diberikan materi mengenai data penyakit seperti di atas. Mana yang lebih baik, menyajikannya dalam tabel atau grafik? Kemudian, seberapa "nyeni" grafik yang anda tampilkan? Impresi pertama dari pembaca dan pendengar kita tentu sangat penting untuk membangkitkan rasa keingintahuan mereka. Jika kita hanya menampilkan teks, angka, dan tabel, latar belakang putih dan warna tulisan hitam tebal, bayangkan betapa membosankannya. Jika saya si pembaca, saya akan lebih memilih chatting bbm atau cek halaman facebook.

Bagaimana dengan presentasi sains? tentu saja kita perlu angka, tapi yang lebih penting lagi adalah: hasil. Materi presentasi yang baik adalah yang bisa menerangkan ide utama dari tema yang disajikan. Apa tema dan tujuannya, apa masalahnya, cara memecahkannya, dan bagaimana hasilnya. Secara umum. Tidak lebih, tidak kurang.

National Geographic, selalu luar biasa 
Housing and Poverty - copyright densitydesign


Salah satu referensi yang sangat baik untuk visualisasi data ini bisa kita lihat di Information is beautiful dibuat oleh David McCandless, desainer-jurnalis data (yup, jurnalis dengan spesialisi data) dari Inggris. Sesuai dengan nama website, kita diperlihatkan betapa data-data atau masalah yang kompleks bisa ditampilkan dengan sangat indah. Tema yang disajikan mungkin cukup berat dan untuk mendapatkan data tidaklah gampang. Namun dibalik itu semua, David menyajikannya dengan elegan dan eye-catching. Salah satu favorit saya adalah grafik peta sosial politik Left vs Right.

Bagi yang tidak memiliki kemampuan mengolah software grafis, anda bisa juga mengunjungi numberpicture.com, dan mereka akan melakukan visualisasi data anda. Gratis!


No comments:

Post a Comment